“Bagaimana Zynga menarik 45juta orang di seluruh dunia untuk memainkan FarmVille”
Bagi anda yang sering memainkan game di situs jejaring social facebook mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama FarmVille. Yap, online game besutan dari Zynga ini begitu terkenal setahun terakhir ini. Konon game yang mengambil latar belakang pedasaan Inggris ini telah dimainkan lebih dari 45juta orang di seluruh dunia. Namun tahukah anda bagaimana cara Zynga membuat FarmVille-nya begitu terkenal?
Simak video berikut ini :
Menurut anda apa yang menarik dari promosi FarmVille tadi? Mungkin pendapat anda sama dengan saya. Zynga mampu mengemas sedikit konsep pedesaan yang bersahaja lewat para petani dan domba-domba tadi di jalanan kota sebesar New York yang penuh akan hedonism sehingga hal yang saling bertolak belakang ini mampu memancing tanya mereka yang kebetulan lewat.
“why is there sheep in New York City?” celoteh salah seorang gadis cilik kepada Ayahnya ini dapat menjadi bukti betapa kuatnya efek WOM (word of mouth) dari konsep marketing yang diusung Zynga.
Setelah cukup banyak masyarakat New York membicarakan hal ini, Zynga mulai mempublikasikan video dokumentasinya ke youtube sehingga banyak orang dari seluruh penjuru dunia yang dapat mengakses. Tidak hanya itu saja, bahkan salah satu portal berita marketing terkenal Brandchannel pun ikut mempublikasikan kesuksesan konsep marketing FarmVille ala Zynga ini.
Sepertinya konsep marketing offline-online atau yang saya sebut doubleline ini dapat kita contoh untuk membuat produk kita semakin dibicarakan banyak orang seperti halnya kesuksesan Zynga dalam menarik minat lebih dari 45juta orang di seluruh penjuru dunia untuk memainkan FarmVille.
waw, great knowledge!
BalasHapusnice info beng.. smoga ndang direkrut ma http://portalusaha.com hahaa
BalasHapusWow, kreatif banget Zynga! Ijin share gan ;)
BalasHapus