Selasa, 10 April 2012

Miris Saya Liat Daftar Indonesia di Survey Negara Paling Bahagia di Dunia

Hi guys, setelah beberapa hari saya ngga buka yahoo!, malam ini saya buka tu situs untuk hanya sekedar cek email. Well, dari sekitar 36 headline berita itu.. saya tertarik dengan berita yang judulnya "Daftar Negara dengan Penduduk Paling Bahagia". Menurut survey yang dirilis PBB itu, berikut adalah daftar sepuluh besar negara dengan penduduk paling bahagia sedunia :

1. Denmark
2. Finlandia
3. Norwegia
4. Belanda
5. Kanada
6. Swiss
7. Swedia
8. Selandia Baru
9. Australia
10. Irlandia

USA sendiri ada di peringkat 11, sedangkan Inggris ada di posisi 18. Well, kalo negara-negara di atas masuk dalam jajaran negara dengan penduduk paling bahagia di dunia, itu sih maklum. Coba lihat fasilitas publik yang mereka miliki, lihat juga regulasi pemerintah mereka, berita-berita yang ada di TV mereka hingga jaminan hidup yang diberikan pemerintah mereka buat rakyatnya. Kalo dibandingin Indonesia yah kalah jauh men!

Indonesia sendiri ada diperingkat 83. Masih kalah sama Myanmar yang barusan mengenyam demokrasi (74), apalagi Thailand (52), Malaysia (51) atau bahkan Singapore (33).

Then, apa yang musti kita lakukan buat bikin Indonesia jadi negara paling bahagia di Dunia? haruskah kita nyogok atau kasih uang pelicin ke PBB biar negara kita dijadiin sebagai Negara Paling Bahagia se Dunia? WANI PIRO??? Ha.. Ha.. Ha.. mungkinkah seperti itu kalimat yang akan dilontarkan PBB? Ha.. Ha.. Ha.. ngga.. ngga.. cuma becanda aja.. Indonesia kali, negara yang masih banyak aneka pelicin sana-sini di birokrasi??? Kalo PBB mah, mana ada..

But, kalo menurut saya pribadi sih, untuk membuat Indonesia menjadi negara yang paling bahagia bukanlah kerjaan pemerintah semata. Ini tugas kita semua. Jangan hanya main tuntut saja jika memang keinginan kita ngga terpenuhi.

Contoh yang konkrit, mungkin saat ini bagi kita yang tinggal di kota besar seperti Surabaya atau Jakarta sering mengeluhkan akan kemacetan kota. Kita pengen banget di kota ini punya MRT atau monorail. Well, berekspektasi sih boleh aja.. tapi jangan sekedar asal menuntut. Harus dipikirkan bagaimana ide ini menjadi nyata. Kalo anda seorang entrepreneur yang tertarik di Industri transportasi, ngomong dong ke pemerintah dan pemerintahnya juga jangan memberikan regulasi yang terlalu rumit sehingga para entrepreneur itu malah kabur dan ngga jadi merealisasikan idenya di Indonesia.

Maka dari itu guys, tugas membuat Indonesia untuk jadi negara paling bahagia di Dunia adalah tugas kita bersama. Jangan asal tuntut dan memaki apa yang kalian lihat sekilas aja. Mari bergerak bersama! Majukan Bangsa ini! Hidup Indonesia *Kampenye Presiden 2014*  B)

4 komentar:

  1. betuuulll... kadang beberapa orang beraninya nuntut doang, sekalinya dapet giliran "menjabat", sama2 bengongnya, nggak tau mau ngapain...

    trus kalo "mendemo" presiden misalnya, jangan2 dulu pas pemilu mereka golput... sekalinya presiden salah, disalahin habis2an. Milih aja kagak, cuman bisa bilang: 'tuuhh kaan gak bisa kerja!'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maka dari itu, apapun profesi anda, mari kita berkarya bersama! jangan cuma main tuntut aja :)

      Hapus
  2. parameter pengukuran surveynya apa ber? hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. itu rahasia PBB wo, nek menurutmu yak apa?

      kadang aku ngerasa riset ini kurang valid. Buktinya kita yang biasa ngopi di warung aja masih tetep enjoy hidup di Indonesia!

      Hapus