Jumat, 18 Mei 2012

Jepang Luncurkan Robot Vacum Cleaner yang Punya Kepribadian Sendiri

Photo by Springwise
Semua pasti tahu Sharp kan? perusahaan produsen elektronik dari Jepang ini baru saja meluncurkan produk terbaru mereka berupa Robot Vacum Cleaner yang dapat berinteraksi dengan manusia, bahkan memiliki kepribadian sendiri.

Namanya adalah COCOROBO. Diperkirakan robot ini adalah robot pertama dari jenisnya yang memiliki kepribadian dan bisa diperintah melalui interaksi manusia. Keren kan?

Diperkirakan baru memasuki pasar Jepang di awal bulan juni ini, COCOROBO dilengkapi dengan berbagai fitur seperti timer operation, plasma cluster ion generator yang memungkinkan udara ruangan juga bersih hingga perintah untuk membersihkan keseluruhan ruangan atau hanya pada titik-titik tertentu saja.

COCOROBO yang mampu merespond perintah lisan, hingga saat ini baru bisa merespon tiga bahasa saja yakni Jepang, Inggris dan Mandarin. 

Sharp menjelaskan bahwa latar belakang dari diluncurkannya produk ini adalah karena mereka ingin menjadikan produk mereka tidak hanya sekedar mesin saja tetapi juga bisa berinteraksi layaknya hewan peliharaan.

"Jika anda menggunakan COCOROBO setiap hari dan berinteraksi dengannya, hal ini akan mengaktifkan sistem mood-nya lebih baik lagi. Sehingga ia akan semakin merasa bersahabat dengan anda" Papar salah seorang staff ahli Sharp.

Untuk versi hi-end nya, COCOROBO dilengkapi dengan fitur kamera 1,3 Megapixel dan koneksi wireless internet sehingga memungkinkan pemiliknya untuk memantau keadaan rumah ketika mereka sedang berada di luar. Wow, punya fungsi ganda juga yah ternyata :)

COCOROBO sendiri akan tersedia dalam dua versi, yakni RX-V100 yang memiliki fitur lengkap dan akan dijual seharga JPY 130.000 dan juga RX-V80 versi dasar tanpa kamera yang akan dijual dengan harga JPY 90.000. Untuk lebih jelasnya tentang produk ini, bisa liat video di bawah ini :


Pihak Sharp sendiri mengatakan masih ingin terus mengembangkan produk ini lebih baik lagi, sehingga bisa jadi produk yang lebih humanis lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar