Rabu, 09 Mei 2012

Didedikasikan untuk Reza Hutama dkk : Referensi buat Tim Branding!

Poster di bawah ini dibikin pada tahun 1997 dengan judul "Think Different". Penggunaan judul "Think Different" dipakai untuk menandai kembalinya Steve Jobs sebagai pemimpin Apple dan mengawali Generasi Apple yang baru setelah sebelumnya terancam kebangkrutan ketika dinahkodai Gil Amelio.

Konseptornya adalah Lee Clow direktur eksekutif Chiat/Day. Dia yang juga konseptor iklan Apple terdahulu yang berjudul "1984". Kalian pasti wes pernah baca text dibawah ini :

Here’s to the crazy ones. The misfits. The rebels. The troublemakers. The round pegs in the square holes. The ones who see things differently. They’re not fond of rules. And they have no respect for the status quo. You can quote them, disagree with them, glorify or vilify them. About the only thing you can’t do is ignore them. Because they change things. They push the human race forward. And while some may see them as the crazy ones, we see genius. Because the people who are crazy enough to think they can change the world, are the ones who do.

Nah, text tadi itu yang dipake untuk ngisi iklan dibawah ini yang akhirnya jadi iklan fenomenal yang menandai kembalinya Apple "ke jalur yang benar"



Selain iklan video tadi, ada juga iklan media cetak yang akhirnya dikenang sebagai iklan paling mengena sepanjang sejarah (versi Biography Steve Jobs, halaman 410).

Poster 1

Poster 2
Poster 3
Yang ini sebenernya bukan bagian dari posternya. Tapi lumayan buat referensi!
Poster tunggal
Poster tunggal 2
Coba liat poster2 di atas, masing-masing poster menampilkan postret hitam-putih tokoh sejarah legendaris Apple dan kata-kata "Think Different" di pojok. Nah, mungkin kemarin yang ikutan presentasi hari rabu sempat dengar kemal ngomong kalo tema TEDx kita kali ini adalah "We Believe". Itu sebenernya sih pemikiran sepintas yang muncul ketika ingat konsep iklan ini di warung danau bareng Kemal. Tapi kalo menurutmu "Think Different"nya diganti kata "We Believe" gimana? ada korelasinya?

Yang paling keren menurutku rek, wajah-wajah di poster itu ngga dikasih keterangan. Mungkin sebagian diantaranya kalian sudah kenal seperti Gandhi atau Einstein. Tapi yang lain? Hal ini memungkinkan mereka yang liat untuk menerka-nerka. Sense of penasarannya timbul.

Kita bisa adopsi ini untuk desain poster yang nampilkan para pembicara kita, gimana? mungkin bisa ditambahi sedikit modifikasi? Gimana mas ambon?

2 komentar:

  1. Kalau 'we believe' nanti pasang tokoh masing-masing agama dong huehue

    BalasHapus
  2. "we believe"nya dikorelasikan sama masa depan Surabaya.. jadi bukan ngomongin tentang agama..

    BalasHapus